5 Negara dengan Tentara Terkuat di Dunia

Tentara Inggris.

Tentara dianggap sebagai bagian penting dari sebuah negara dan keamanannya. Setiap tahun, anggaran besar dialokasikan untuk pertempuran. Negara-negara mengambil inisiatif khusus untuk memperkuat diri mereka secara militer. 

Jika kita mencoba membandingkan tentara terkuat dari berbagai negara, mungkin kita bisa melihatnya dari persenjataan yang mereka miliki, teknologi maju yang diimplementasikan, pelatihan, kekuasaan dan jumlah sekutu, jumlah tentara, anggaran yang dialokasikan, dan lain-lain.

Tetapi, sejumlah organisasi, seperti Business Insider, melakukan studi mereka sendiri untuk menentukan peringkat kekuatan militer. Berikut peringkat lima besar negara dengan tentara terkuat.

5. Inggris
Inggris berencana mengurangi jumlah angkatan bersenjata sebesar 20 persen antara tahun 2010 dan 2018, dan menerapkan pemotongan lebih kecil terhadap Royal Navy dan RAF. Anggaran pertahanan Inggris saat ini mencapai US$54 miliar. Meski begitu, tentara Inggris masih tergolong kuat, dengan pelatihan unggulannya, peralatan dan 160 senjata nuklirnya menjadi kekuatan utama. 

4. India
India membangun pasukan dengan jumlah cukup besar yaitu 3,5 juta, termasuk 1.325 juta militer aktif. Jumlah besar militer India adalah salah satu alasan mengapa ia selalu berada di antara negara-negara dengan tentara terkuat di dunia. Pasukan tentara tersebut dilengkapi oleh hampir 16 ribu kendaraan darat yang mencakup 3500 tank, serta 1785 pesawat di samping senjata nuklir. Rudal balistiknya bisa menyerang seluruh Pakistan atau sebagian besar wilayah China. Anggaran pertahanannya saat ini mencapai US$46 miliar.

3. China
Anggaran pertahanan China secara resmi mencapai US$126 miliar, dan kemungkinan akan ada kenaikan anggaran sebesar 12,2 persen. China memiliki tentara yang tangguh, dengan 2.285 juta personel garis depan aktif dan 2,3 juta cadangan, menjadikannya sebagai pasukan darat terbesar di dunia, bersama dengan hampir 25.000 kendaraan darat. China memiliki 2800 pesawat lainnya di angkatan udara. 

2. Rusia
Anggaran pertahanan Rusia mencapai US$76,6 miliar, dan diperkirakan akan bertambah 44 persen lebih dalam tiga tahun ke depan. Tentara Rusia telah menunjukkan pertumbuhan yang substansial sejak runtuhnya Uni Soviet dua dekade yang lalu. Mereka memiliki 766.000 personel garis depan yang aktif dan hampir 2,5 juta pada pasukan cadangan, meskipun tentara tersebut menerima pelatihan yang biasa-biasa saja. Pasukan ini didukung oleh 15.500 tank, yang menjadikan Rusia sebagai pasukan tank terbesar di dunia, meski sudah menua, seperti peralatan lainnya. Negara ini adalah pemimpin dunia, dengan hampir 8.500 hulu ledak nuklir aktif.

1. Amerika Serikat
Amerika Serikat menghabiskan US$612,5 miliar untuk militer, lebih dari anggaran sembilan negara lainnya jika digabungkan. Mereka memiliki pasukan yang sangat besar yang terdiri dari lebih dari 1,4 juta tentara, dan 800.000 cadangan. Amerika Serikat menjadi pemimpin dunia dalam produksi pesawat terbang, dengan armada 19 kapal induk. AS menerapkan teknologi mutakhir seperti senapan rel Angkatan Laut yang baru, dan negara ini juga memiliki 7.500 hulu ledak nuklir. Tidak heran kalau Amerika Serikat berada di urutan pertama dalam hal kekuatan militer sejak Perang Dunia II.
5 Negara dengan Tentara Terkuat di Dunia 5 Negara dengan Tentara Terkuat di Dunia Reviewed by Cherry lalala on Januari 10, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.