Enggak Nyangka, Ternyata 5 Makanan Ini Tertua di Dunia

Ilustrasi madu.

Makanan merupakan bahan, bisa berasal dari hewan atau tumbuhan yang dikonsumi oleh makhluk hidup untuk mendapatkan energi dan nutrisi. Makanan memang sangat penting untuk keberlangsungan hidup kita. Tanpa makanan, kita tidak akan bisa bertahan hidup.

Ya, jika berbicara tentang makanan, kebanyakan hanya akan membahas tentang makanan enak dan tidak enak, menarik dan tidak menarik, atau membahas dari segi kandungan dan manfaatnya untuk tubuh dan kesehatan.

Namun, jarang yang mengetahui jenis-jenis makanan mana yang lebih dulu muncul atau menjadi makanan tertua di dunia. Berikut ini kami akan membahas deretan makanan yang ternyata menjadi yang tertua di dunia. Apa saja?

Wine/anggur
Minuman ini dikenal sebagai bagian penting dari gaya hidup Romawi Kuno. Berbagai bukti arkeologis membuktikan, anggur merupakan minuman fermentasi anggur yang sangat populer di kalangan manusia, bahkan sebelum munculnya Roma.

Pancake
Sejarah pancake dikaitkan dengan Otzi Iceman, yang hidup sekitar tahun 3.300 SM. Mayatnya ditemukan pada 1991 di pegunungan Alpen Italia. Para peneliti mengungkapkan, makanan terakhir Otzi kemungkinan besar terdiri dari alpine ibex dan daging rusa merah, bersama dengan pancake gandum yang dimasak di atas api terbuka.

Roti
Menurut sejarawan, roti muncul sepanjang sejarah dalam berbagai bentuk. Para peneliti di Oxfordshire, Inggris, menemukan potongan-potongan kecil roti menghitam yang berumur sekitar 5.500 tahun. Menurut laporan, roti ini bisa awet selama bertahun-tahun, karena dibakar dan berisi potongan jelai.

Cokelat
Para arkeolog telah menemukan bukti produksi cokelat di antara orang-orang Olmec kuno di Meksiko. Dilaporkan bahwa, cokelat memiliki akar di Amerika. Ketika para ilmuwan menguji bagian dalam pot untuk theobromine kimia, mereka menemukan indikator kakao yang andal.

Madu
Menurut peneliti, keberadaan madu sudah terdeteksi sejak 5.500 tahun yang lalu. Para peneliti menemukan botol di sebuah makam yang terlupakan di Georgia dan dianggap sebagai madu tertua di dunia.

Enggak Nyangka, Ternyata 5 Makanan Ini Tertua di Dunia Enggak Nyangka, Ternyata 5 Makanan Ini Tertua di Dunia Reviewed by Cherry Lalala on Oktober 21, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.