Studi: Hanya 1% Orang yang Dapat Menemukan Hewan di Gambar Ini

Gambar ilusi optik.

Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang mekanisme ilusi optik? Baru-baru ini, ada banyak contoh gambar seperti itu yang menipu pikiran dan membuat kita bingung.

Gambar yang telah menjadi viral baru-baru ini tampaknya unik, karena baru satu persen orang yang mampu menemukan hewan pada gambar ini. Sudahkah Anda mencobanya?

Efek McCollough merupakan trik pikiran, jika Anda menatap kisi berwarna (garis bolak-balik) selama beberapa menit, akan membuat otak Anda mulai melihat semburat warna merah muda atau warna lain ketika melihat garis hitam-putih.

Jika Anda memiringkan kepala 90 derajat, Anda dapat mengurangi atau meningkatkan efeknya, dan Anda dapat membalikkannya dengan memutar gambar induksi. Juga, semakin lama Anda melihat gambar induksi asli, semakin lama efeknya akan bertahan.

Fenomena ini yang didefinisikan sebagai ilusi visual, di mana kesan retina bertahan setelah pengangkatan stimulus adalah semacam bayangan. Para peneliti percaya bahwa itu adalah hasil dari aktivasi berkelanjutan sistem visual.

Yaitu, warna-warna yang kuat membuat kesan pada sistem visual dan menipu dengan berpikir bahwa itu masih melihat warna, dan ini akhirnya membuat orang percaya bahwa apa yang dia lihat adalah garis-garis hitam dan putih diwarnai dengan merah dan hijau.

Jurnal Psikologi Eksperimental menemukan bahwa dengan cara yang sama seperti lampu kilat kamera dapat bertahan dalam penglihatan. Efek ini dapat bertahan selama lebih dari tiga bulan jika pengamat melihat kisi-kisi berwarna-warni untuk periode waktu yang lama.

Menurut penemunya, psikolog AS Celeste McCollough Howard, efek ini dinamai 'contingent aftereffect', Sebuah ilusi yang memengaruhi otak Anda untuk waktu yang lama.
Studi: Hanya 1% Orang yang Dapat Menemukan Hewan di Gambar Ini Studi: Hanya 1% Orang yang Dapat Menemukan Hewan di Gambar Ini Reviewed by Cherry Lalala on Maret 30, 2019 Rating: 5

15 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.