7 Trik Otak Luar Biasa untuk Memudahkan Hidup dan Buat Anda Semakin Cerdas

Ilustrasi otak.

Peretasan otak artinya menipu otak untuk melakukan hal-hal yang tidak dilatih untuk melakukannya. Peretasan ini akan meningkatkan fungsi normal otak kita. Faktanya, hingga saat ini ternyata para ilmuwan belum dapat sepenuhnya memahami otak.

Sebenarnya sangat mudah menipu otak. Misalnya, jika ada banyak hawa dingin di sekitar, tetapi kita berpikir bahwa itu panas, kita sebenarnya akan mulai merasa panas. Hal yang sama berlaku untuk kekhawatiran Anda, yaitu jika Anda tetap bersikap positif terhadap masalah yang sedang dihadapi, maka segala hal akan benar-benar berubah menjadi lebih baik, setidaknya perspektif kita akan berubah.

Bagaimanapun juga, otaklah yang membuat kita merasa baik atau buruk. Jadi, mengapa tidak mengelabuinya untuk memikirkan beberapa hal baik, agar kita mulai merasa baik tentang hal-hal yang tidak begitu baik. Untuk itu, ada beberapa trik otak yang bisa Anda lakukan yang akan memudahkan hidup dan membuat Anda semakin cerdas.

Manfaatkan tangan kiri untuk mengendalikan amarah
Jika Anda mudah marah, Anda harus melatih otak Anda untuk membantu mengendalikannya. Jika Anda kidal, cobalah untuk melakukan pekerjaan Anda dengan tangan kiri selama beberapa hari, ini akan membantu otak Anda mengendalikan emosi saat marah.

Menggunakan gerakan tangan
Sebuah penelitian menunjukkan, ketika Anda menggunakan tangan saat berbicara atau menyampaikan informasi kepada orang lain, Anda cenderung mengingat semua hal penting dan tidak melewatkan informasi apapun. Ini akan membuat Anda memiliki keterampilan komunikasi yang lebih baik.

Mengangkat alis
Sebuah penelitian menunjukkan, mengangkat alis akan menipu otak untuk meningkatkan kreativitas. Menaikkan satu alis dapat merangsang perhatian perseptual, yang terkait dengan pengalaman fisik, dan ini akan memicu stimulasi perhatian konseptual secara default yang bertanggung jawab untuk proses mental. Ini dapat menghasilkan koneksi kreatif yang sebelumnya tidak ada.

Menulis
Jika Anda ada presentasi, ujian, atau wawancara di pagi hari, ada trik untuk mengingatnya. Tuliskan hal-hal penting di malam hari sebelum tidur. Sebuah penelitian menunjukkan, jika Anda menghafal dan menulis sesuatu di malam hari, Anda akan mengingat informasi itu lebih lama.

Tertawa dalam situasi serius
Ini benar-benar berfungsi untuk menenangkan Anda dan menormalkan tekanan darah. Sebuah penelitian menunjukkan, ketika kita memalsukan tawa, otak kita mengirimkan sinyal ke tubuh bahwa 'semua baik-baik saja' walaupun tawa itu palsu.

Tidak melakukan perencanaan
Kebanyakan orang memiliki kebiasaan menulis hal-hal yang harus mereka lakukan di masa depan. Namun, sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa membuat daftar 'hal yang tidak dilakukan', berarti daftar hal-hal akan meningkatkan produktivitas kita, yang akan lebih efektif dibanding membuat daftar apa yang harus dilakukan.

Hindari multitasking
Sebuah penelitian menunjukkan, multitasking akan membuat otak Anda lemah dan menyebabkan daya ingat melemah. Alasannya, otak kita tidak begitu baik dalam memfokuskan banyak tindakan berbeda pada satu waktu. Multitasking juga dapat menurunkan kualitas setiap pekerjaan, dan itulah sebabnya Anda tidak akan bisa memberikan banyak perhatian pada setiap pekerjaan.
7 Trik Otak Luar Biasa untuk Memudahkan Hidup dan Buat Anda Semakin Cerdas 7 Trik Otak Luar Biasa untuk Memudahkan Hidup dan Buat Anda Semakin Cerdas Reviewed by Cherry Lalala on Juni 10, 2019 Rating: 5

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.